Ketika Impian Meneropong Kenyataan

Punya impian rasanya sungguh menyenangkan. Seperti menemukan semangat dan gairah baru untuk memperjuangkan keberlanjutan hidup di tengah ketidak pastian masa depan.

Perlu upaya untuk mewujudkannya, bukan sekedar rencana. Pikiran kemudian menerawang mencari tahu apa yang kemudian harus dipersiapkan. Pandangan penuh harap mencoba menatap indahnya keberhasilan di masa depan, yang tentu harus diperjuangkan dengan kerja keras.

Tubuh mengisyaratkan bahwa perjuangan yang hanya dilakukan oleh satu raga adalah kesemuan. Adalah mungkin untuk berjuang dengan satu raga, namun bijaksana untuk melangkah bersama. Akan tetapi setiap hati berhak punya tujuan yang berbeda-beda.

Satu lidi akan patah jika dipatahkan, namun segenggam yang terikat kuat adalah bermanfaat. Harus terjaga ikatannya agar tetap bersama kebersamaannya.

Bisa menghargai diri sendiri adalah kebijaksanaan, bisa menghargai orang lain adalah lebih dari padanya. Sebagaimana diri ingin diperlakukan, demikian pula raga-raga lainnya.

Kemudian pada saatnya nanti ketika perjalanan panjang akan dimulai, maka kehadiran rumah untuk kembali seperti menjadi harapan untuk selalu bangkit dalam setiap musibah yang mungkin akan ditemui dalam perjalanan yang tidak sebentar.

Maka, sang pejuang pertama-tama harus belajar membangun rumahnya dengan baik terlebih dahulu. Agar ketika ia tersesat di antah berantah, atau letih dengan perjalanan panjangnya, ia tetap punya harapan tentang keluarga yang menunggunya. Dia pun harus melatih dirinya agar tubuh dan hatinya kuat, dan impiannya menjadi nafas kehidupannya.

Ketika impian meneropong kenyataan, hamparan keindahan masa depan yang semu menjadi jelas. Meski yang terlihat pada akhirnya hanya hamparan savana gersang, itu juga berarti sebuah kejujuran yang dapat diperjuangkan. Karena tidak ada lagi kebohongan semu yang di dalam pandangan yang mencoba menerawang.

I Putu Oka Wisnawa

Honest, wise, forward-looking, inspiring, and competent. I wish I could be like that.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *