Pendidikan yang Layak Seyogyanya untuk Semua Orang

Pendidikan yang layak adalah bagi golongan menengah ke atas. Jika Anda masuk ke dalam kategori golongan menengah ke bawah, maka pendidikan adalah kerja keras, benar-benar kerja keras.

Mungkin ini adalah salah satu ironi yang menjadi lumrah, yang masih bisa dijumpai di lingkungan masyarakat di sekitar Anda.

Pendidikan di beberapa daerah terkadang terlihat seperti sebuah bisnis perdagangan. Jika Anda mampu membayar lebih, maka Anda akan mendapat pelayanan yang lebih baik. Jika tidak mampu, maka Anda harus melayani diri Anda sendiri, itu pun jika pilihan tersebut disediakan.

Pendidikan mampu mengubah masa depan seorang anak. Pendidikan mampu memberikan harapan atas masa depan yang lebih baik bagi setiap anak yang mendapatkan kesempatan menjadi terdidik. Jika anak-anak adalah masa depan dari sebuah bangsa, maka pendidikan yang layak bagi setiap generasi penerus bangsa menentukan masa depan bangsa tersebut.

Sayangnya ada salah satu lagi ironi yang menjadi lumrah, di beberapa bangsa. Ironi tentang bangsa yang bermimpi menjadi bangsa yang besar, namun mengerdilkan harapan dari setiap generasi baru yang lahir di dalamnya. Mengikis harapan atas pendidikan yang layak, yang seyogyanya didapatkan oleh setiap anak yang lahir dari perthiwi. Harapan  untuk masa depannya, juga untuk ibu perthiwi-nya. Namun tetap berkhayal dapat menjadi bangsa yang besar.

 

 

I Putu Oka Wisnawa

Honest, wise, forward-looking, inspiring, and competent. I wish I could be like that.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *