Sampah dan Sebuah Cerita tentang Kehidupan

Trash and Life

Trash and Life

Barang yang dibuang oleh tuannya sendiri karena tidak berguna lagi adalah sampah bagi tuannya. Ketika barang tersebut telah dibuang sebagai sampah, ia sudah tidak mungkin meminta tuan yang membuangnya untuk memungut dirinya kembali. Karena sudah tidak berguna lagi dan hanya akan membuat tuannya menjadi kotor.

Sampah yang beruntung akan dipungut oleh tuannya kembali jika sang tuan masih merasa memerlukannya. Tetapi tidak semua sampah mendapatkan keberuntungan tersebut. Jika pun mereka mendapat kesempatan tersebut, hanya sampai sehabis gunanya, setelah itu sang tuan akan membuangnya kembali sebagai sampah.

Setelah menjadi sampah bagi sang tuan, sampah ini sudah tidak memiliki banyak harapan. Berkumpul bersama sampah-sampah lain yang juga dibuang oleh tuan tuan mereka. Sampah-sampah ini berharap mereka dapat kembali berguna. Seandainya sampah ini masih memiliki sedikit manfaat, sang sampah yang beruntung itu akan diambil kembali untuk didaur ulang menjadi pribadi yang baru. Apabila tidak, sang sampah pun tetap bisa berguna bersama waktu, menunggu dirinya membusuk dan terurai, memberi nutrisi bagi sang tanah untuk kehidupan yang lebih baik di sekitarnya.

Bedanya, yang terdaur ulang masih nampak fisiknya oleh sang tuan, dan yang bersatu dengan tanah hanya alam yang tahu keberadaannya meskipun sang tuan juga merasakan manfaatnya secara tidak langsung.

I Putu Oka Wisnawa

Honest, wise, forward-looking, inspiring, and competent. I wish I could be like that.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *