Sudut Pandang: Ekonomi Hasrat

Ekonomi adalah tentang manusia, hasratnya sebagai manusia yang tidak terbatas, pemenuhan terhadap hasrat tersebut dan alat pemenuh hasrat yang jumlahnya selalu terbatas.

Karena ini adalah tentang ekonomi, jadi mungkin saja devinisi tersebut juga memiliki tujuan ekonomi, dalam artian bahwa membuat definisi keterbatasan untuk menaikkan nilai jual dari suatu pemenuh atas hasrat atau kebutuhan manusia.

Ekonomi adalah tentang hasrat manusia, maka siapapun yang mengendalikan ekonomi dalam dimensi kecil ataupun besar dapat mengendalikan manusia-manusia lainnya, mungkin. Definisi ini tidak hanya berlaku dalam ruang lingkup luas seperti masyarakat, negara ataupun internasional, tetapi juga berlaku di lingkup keluarga dan personal yakni pengendalian atas pemuasaan hasrat dari individu itu sendiri.

Seseorang yang dapat mengendalikan ekonomi, dapat mengendalikan manusia lainnya. Ini juga secara tidak langsung dapat berarti pengendalian atas dunia, tapi benarkah demikian? Bagaimana jika bukan manusia yang mengendalikan manusia lainnya. Tapi, bagaimana jika sesungguhnya adalah tentang hasrat yang mengendalikan manusia? Mungkin saja dapat berarti demikian bukan? 

Karena tidak banyak manusia yang bisa mengendalikan indera-inderanya tetap dalam pengendaliannya akan pemuasan atas hasratnya.

I Putu Oka Wisnawa

Honest, wise, forward-looking, inspiring, and competent. I wish I could be like that.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *