Teman dari Kepribadian

Setiap orang punya caranya sendiri menemukan teman. Ia punya caranya sendiri untuk bertahan, atau mempertahankan, atau tentang bagaimana ia memperlakukan orang lainnya sebagaimana ia menghargainya.

Kita bisa mempelajarinya, tapi sepertinya tidak baik untuk memaksakannya. 

Ada yang menilai dari untung dan rugi, dari sudut pandang kebermanfaatan atau bisa tidaknya ia diberdayakan. Ada juga yang berteman karena ingin berteman, tanpa melihat nilai-nilai keduniawian, dan lebih berfokus kepada esensi hubungan itu sendiri. 

Setiap orang punya kualitas yang unik dan sama baiknya. Setiap orang punya potensi yang tidak terbatas. Dan setiap orang punya caranya sendiri untuk memaknai dari sudut pandangnya. Ada yang lebih suka memandang dari tempat yang lebih tinggi, ada juga yang lebih suka memandang langit lepas.

Hidup mendidik setiap orang dengan cara berbeda. Bagaimana mereka bertahan dan belajar akan membentuk diri mereka agar bisa bertahan atas tanggung jawab kehidupan. Kadang mungkin terlihat tidak baik, tapi begitulah cara mereka bertahan, mungkin kita yang tidak terbiasa. 

I Putu Oka Wisnawa

Honest, wise, forward-looking, inspiring, and competent. I wish I could be like that.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *